Balap jalanan tidak diperbolehkan di lintasan Formula E

Panitia Formula E tidak memberikan lampu hijau kepada Irjen Pol Fadil Imran untuk menggelar street race atau balap motor jalanan di Sirkuit Formula E Ancol atau Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC). Apa yang dikatakan Inspektur Jenderal Fadil saat itu?

“Polda Metro Jaya tunduk pada regulasi FIA,” kata Fadil kepada wartawan, Sabtu (25/6/2022).

FIA adalah Federasi Otomotif Internasional. FIA dikenal sebagai badan yang homolog Sirkuit Formula E Jakarta untuk balap kendaraan roda empat saja.

Meski Inspektur Jenderal Fadil tidak diperbolehkan di sirkuit Formula E, dia tidak berhenti mempromosikan hobi anak muda di balap sepeda motor. Dia akan menggunakan lokasi yang ada untuk balapan jalanan.

“Kami hanya menggunakan lokasi yang ada, BSD dan Meikarta. Yang terpenting, ekosistem ini bermanfaat bagi generasi muda yang memiliki hobi kecepatan, memungkinkan energi dalam jumlah besar tersalurkan. UMKM dan seniman bisa ambil bagian,” ujarnya.

Balap jalanan tidak diperbolehkan di sirkuit Formula E

Sebelumnya, Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran memimpikan balapan jalanan di lintasan Formula E atau Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC) Ancol. Panitia mengatakan mungkin tidak mengizinkan trek digunakan jika road race yang dimaksud adalah balap sepeda motor atau roda dua.

“Untuk kendaraan roda dua belum bisa kami sediakan karena FIA sudah menilai lintasan hanya cocok untuk roda empat,” kata Sahroni, CEO di Balai Kota DKI Jakarta, Jl Medan Merdeka Selatan, Pusat. Jakarta, Jumat (24/6). ).

Sekjen Ikatan Motor Indonesia (IMI) menyatakan trek Formula E hanya diperuntukkan bagi balapan kendaraan roda empat. Ini mengacu pada Peraturan Mobil Dunia atau FIA. Meski demikian, dia mengapresiasi keinginan Irjen Fadil untuk menampung hobi masyarakat.

“Sebetulnya kami juga mengapresiasi Kapolda yang juga ingin memberikan kesempatan kepada roda dua. Tapi itu syarat homologasi FIA, ada grade 3, itu sirkuit untuk kendaraan roda empat. Jadi kami memilih untuk tidak menempatkan kendaraan roda dua di trek,” jelasnya.

Peta Kapolres Metro

Seperti diketahui, Inspektur Jenderal Kapolda Metro Jaya Fadil Imran berencana meminjamkan trek Formula E untuk balap jalanan. Fadil mengatakan street race ini akan terus digelar untuk memenuhi hobi para penggemar.

“Kami berencana menggelar street race secara berkesinambungan dan berkelanjutan sehingga bisa menjadi wadah bagi para pebalap liar untuk menyalurkan hobinya,” kata Fadil saat membuka Meikarta street race di Cikarang, Kabupaten Bekasi, Sabtu (18/6). dilansir Antara.

Fadil menilai trek di Ancol, Jakarta Utara lebih nyaman bagi para pebalap. Itulah alasan mengapa dia ingin balapan jalanan di tempat itu.

“Di BSD ada site, di Bekasi ada Meikarta, di Jakarta ada Ancol. Mudah-mudahan nanti mimpi saya di Ancol, Formula E kemarin juga bisa dipakai untuk road racing,” ujarnya.

Semoga bermanfaat artikel ini ! Baca juga : Argentina

Leave a Comment