PKB Soal 3 Calon Presiden NasDem: Kejutan! Tidak ada pasukan sendiri

Jakarta – NasDem mengumumkan tiga nama calon presiden pada pemilihan umum 2024, yakni Anies Baswedan, Jenderal Andika Perkasa, dan Ganjar Pranowo.

PKB Menyebut Pengumuman itu sebagai Kejutan.

“Sungguh mengejutkan! Tiga nama yang di putuskan bukan merupakan kader internal Partai NasDem. Bahkan ada nama-nama kader partai lain. Kami menghormati proses musyawarah demokrasi,” kata Wakil Ketua Umum Jazilul Fawaid saat di hubungi. Jumat (17/6/2022).

Anies Baswedan di kenal non-partisan yang saat ini menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta.

Ganjar Pranowo adalah kader PDI-P yang menjabat sebagai Gubernur Jawa Tengah. Sedangkan Jenderal Andika adalah Panglima TNI.

Jazilul menilai NasDem tidak bisa mengusung capres sendirian. Dia mengatakan jumlah kursi NasDem masih belum cukup untuk melewati ambang batas presiden 20 persen suara parlemen.

“Kalau NasDem gagal membangun koalisi alias jomblo, tiga nama yang di putuskan gagal di jalan,” katanya.

PKB siap berkomunikasi dengan NasDem soal koalisi untuk mengusung capres. Selain itu, PKB mengaku telah berkomunikasi dengan pihak lain.

“Kami menunggu. PKB terbuka untuk komunikasi dan membangun koalisi. Selain itu, PKB dan NasDem cukup untuk satu pasangan calon. Namun, PKB memiliki komunikasi intensif dengan PKS dan Demokrat,” katanya.

Menurutnya, koalisi PKB, PKS, Demokrat dan NasDem akan semakin kuat. “Teguh, Paten! Calon presiden dan wakil presiden pasti menang,” katanya.

NasDem Umumkan 3 Calon Presiden

Ketua NasDem Surya Paloh mengumumkan nama tiga calon presiden (Capres) hasil usulan dari seluruh DPW NasDem.

Ketiga nama tersebut adalah Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa, dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

“Saya akan bacakan rekomendasi nama-nama capres, pertama Anies Rasyid Baswedan, kedua Muhammad Andika Perkasa, ketiga Ganjar Pranowo,” kata Surya Paloh di Rakernas NasDem, JCC Senayan, Jakarta, seperti di lansir detikNews di Jumat (17/6). 2022).

Sebelum mengumumkan ketiga nama tersebut, Surya Paloh menegaskan bahwa tiga nama yang di pilih merupakan amanat Rakernas.

Nama-nama tersebut nantinya akan menjadi calon presiden NasDem pada pemilihan presiden 2024.

“Tiga nama ini adalah pilihanmu. Harus saya ingatkan, di mata DPP tidak ada yang sederajat, kualifikasinya sama,” ujarnya.

Ketua Rakernas SC NasDem Prananda menambahkan, tiga besar calon DPW memenuhi kriteria calon presiden yang di inginkan Surya Paloh. Ini termasuk persyaratan calon presiden NasDem.

“Ketiga nama ini tentu memenuhi kriteria yang di inginkan Ketua Umum. Dan memenuhi persyaratan yang di ajukan pihak NasDem,” jelasnya.

Semoga artikel ini bermanfaat. terimakasih sudah menyimak ulasan ini.

Leave a Comment